HOME

Assalamu‘alaikum wr.wb

Cover baru

Selamat datang di Situs Resmi Dayah Darul Aman  Aceh Besar. Kami berharap layanan ini dapat menjadi media untuk Anda mendapatkan informasi lebih lengkap tentang Dayah Darul Aman.

Dayah merupakan salah satu institut  pendidikan tradisional yang sangat dikenal dalam dinamika masyarakat Aceh. Eksistensinya sangat  dirasakan manfaatnya dalam pembentukan kader-kader bangsa yang memiliki pengaruh demikian besar terutama dalam masalah tanggung jawab terhadap nilai-nilai dan pengamalan ran-ajaran Islam dalam seluruh aspek kehidupan masyarakat.

Dayah Darul Aman merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam non formal (salafiyah) yang didirikan pada tahun 1997 M / 1418 H oleh Drs.Abu.H.Zakaria M.Adamy dan dibantu oleh beberapa tokoh lainnya, yaitu: Abu Usman Lamgawee, Drs. Tgk. H.A.Hamid Ibrahim,Drs.Tgk.H. M.Nur Daud, dan Drs.H.Hamdan K.

Dalam menjalankan aktivitasnya lembaga ini menerapkan sistem pendidikan salafiyah dalam proses belajar mengajar sebagaimana umumnya dayah-dayah di Aceh disamping adanya perpaduan antara kurikulum Dayah dengan kurikulum Depag khususnya bagi santri-santri yang belajar di Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah dalam komplek Dayah. Disamping itu, salah satu kekhususan Dayah Darul Aman yang membedakan dengan dayah-dayah lain adalah adanya penerapan ilmu tasauf, yaitu pengamalan thariqat-thariqat bagi setiap santrinya, yaitu thariqat haddadiyyah, thariqat naqsyabandiyah, thariqat syatriah, dan thariqat sulukiyyah. Pengamalan ajaran-ajaran sufi ini menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh santri yang ingin menimba ilmu pengetahuan di Dayah Darul Aman disamping adanya kurikulum pendidikan. Tujuan penerapan ilmu-ilmu bathin ini adalah untuk membentengi para lulusan-lulusan dayah dari pengaruh era globalisasi yang diwarnai dengan kemerosotan akhlak dan mampu mengamalkan ajaran Islam sesuai perintah Allah dan Nabi SAW.

Kurikulum

Dalam rangka menjalankan aktivitasnya Dayah Darul Aman membutuhkan manajemen yang baik sebagaimana yang telah diterapkan dalam lembaga tersebut. Dimana pimpinan dayah mengatur mekanisme kerja pendidikan dayah demi terwujudnya cita-cita dayah, yaitu membentuk manusia yang memiliki kecerdasan dan ketrampilan, keseimbangan antara fikir dan zikir dalam rangka menghadapi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi demi terciptanya insan kamil yang berilmu, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

 

Sebagaimana dayah-dayah lain di Aceh, Dayah Darul Aman pada intinya bergerak dalam pengembangan kitab kuning sebagai satu-satunya referensi utama, riyadhah, pengamalan ajaran-ajaran sufi, ketrampilan, dan kegiatan-kegiatan ekstra kurikuler seperti muhadharah, dalail khairat, dan zikir maulid.

 

Oleh karena demikian,  kurikulum pendidikan Dayah Darul Aman terfokus pada pengkajian kitab-kitab kuning klasik yang bermazhab Syafi’i. Bidang studi yang paling dominan dipelajari adalah fiqh karena ilmu ini dianggap paling banyak berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, bahkan standar ketinggian ilmu teungku dayah di lembaga ini juga menurut kitab fiqh yang dipelajarinya. Adapun mata pelajaran yang dipelajari dalam adalah fiqh, nahu, saraf, tauhid, tasauf, usul fiqh, manteq, bayan, ma’ani, tarekh, hadits, ilmu hadits, tafsir, al-qur’an, dan imlak/khat.   Untuk lebih lengkapnya tentang kurikulum Dayah Darul Aman  lihat dalam lampiran. Seluruh mata pelajaran mulai sejak berdirinya dayah sampai seterusnya tetap sama tidak ada perubahan. Kitab-kitab yang telah diatur dalam kurikulum  setiap santri harus mempelajarinya mulai dari kelas satu sampai kelas tujuh.

Disamping diterapkannya kurikulum pokok, juga ada kurikulum pendukung, yaitu pengamalan ilmu tasauf, yaitu pengamalan ajaran thariqat. Karena seorang santri belum sempurna mengamalkan ilmu yang dituntutnya sebelum ia mengamalkan ajaran sufi sebagai benteng bagi amaliah-amaliah lainnya. Biasanya di Dayah Salafiyah  pelaksanaan ajaran sufi ini dilakukan dalam bulan Ramadhan, karena bulan Ramadhan pengajian diliburkan. Penerapan thariqat dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Allah, sehingga terciptanya santri-santri yang berakhlaqul karimah dan bertaqwa kepada Allah SWT. Pengamalan thariqat di Dayah Darul Aman bukan hanya sebatas ekstrakurikuler saja, akan itu menjadi syarat utama bagi santri-santri menuntut ilmu di Dayah Darul Aman.

 

Pelaksanaan Ujian

Seluruh mata pelajaran yang tercantum dalam kurikulum setiap tahunnya diadakan evaluasi belajar untuk melihat kemampuan santri dalam memahami dan menguasai kitab. Pelaksanaan ujian di Dayah Darul Aman diadakan dalam dua semester sesuai dengan kalender pendidikan nasional, karena sebagian santri juga adalah siswa-siswi madrasah baik Tsanawiyah maupun Aliyah. Tahun ajaran baru di Dayah Darul Aman adalah setiap bulan Juli bersamaan dengan penerimaan santri-santri baru.

 

Hasil ujian dibuat dalam bentuk rapor dan bagi santri-santri dayah yang sudah menyelesaikan sampai kelas tujuh diberikan ijazah (STTB). Tetapi pemberian ijazah bagi mereka belum teratur sebagaimana sekolah umum, hanya bagi mereka yang menginginkan saja.  Misalnya untuk keperluan kuliah, dan bekerja terutama di lembaga-lembaga swasta. Hal ini menunjukkan belum adanya suatu peraturan khusus dari Pemda. Mudahan-mudahan dengan terbentuknya Badan Pembinaan Pendidikan Dayah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam hal ini dapat diatur lebih lanjut.

 

Teknis Kegiatan Mengajar

Dalam penyampaian materi pendidikan metode utama yang lazim digunakan adalah sistem bandongan atau weton. Dimana para santri-santri mendengarkan gurunya membaca, menerjemahkan, menerangkan tentang yang telah dibaca. Sistem ini diterapkan mulai kelas satu sampai kelas tiga. Sedangkan kelas empat hingga kelas tujuh dan kelas dewan guru disamping adanya sistem weton juga  digunakan sistem diskusi, dimana santri membaca, menerjemah, dan menerangkan, sedangkan guru sebagai moderator.

 

Sedangkan kurukulum dan kegiatan proses belajar mengajar pada madrasah baik Tsanawiyah maupun Aliyah tetap bersandar pada panduan pembelajaran Madrasah Aliyah dan Tsanawiyah dalam lingkungan Departemen Agama R.I

 

 

One thought on “HOME

  1. Pingback: HOME | Dayah Darul Aman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s