Mahasiswa UIN Ar-Raniry melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Madrasah Darul Aman

IMG_0742IMG_0745 IMG_0746

Sebanyak 25 mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di Madrasah Darul Aman, Senin (13/10) di Komplek Dayah Terpadu Darul Aman Desa Lampuuk, Tungkop, Darussalam Aceh Besar. yang mana para mahasiswa ini telah mengikuti pembekalan PPL di Kampusnya.

Ketua Instructional Development Center (IDC) FTK Mawardi, M.Pd, mengatakan pembekalan materi sebelum peserta PPL diturunkan ke sekolah-sekolah sangat penting, hal ini dilakukan untuk memadukan teori dengan pengalaman di lapangan.

“Pembekalan seperti ini rutin dilakukan bagi setiap mahasiswa yang akan melakukan PPL, bagi mahasiswa FTK yang telah mengambil Mata KuliahMicro Teaching, sehingga ada keterpaduan antara teori yang diIMG_0748peroleh selama perkuliahan dengan praktek lapangan,” ujar Mawardi.

Disebutkan, pada pembekalan ini peserta diberikan beberapa materi penting sebagai bekal selama melaksanakan tugasnya di sekolah-sekolah yang telah ditentukan oleh IDC, diantaranya disampaikan materi terkait dengan Kurikulum 2013 yang saat ini sudah diberlakukan di sekolah-sekolah.

Diharapkan para mahasiswa PPL dapat mengembangkan wawasan keilmuan dan kompetensi keguruan yang telah dimiliki, kepada pihak sekolah mitra juga diharapkan agar membantu para mahasiswa PPL ini dalam mengasah kompetensi untuk menjadi seorang guru nantinya, jalinan simbiosis mutualisme dan silaturrahmi antara FTK dengan para sekolah mitra ke depan hendaknya tetap terjaga dengan baik di masa mendatang, tambah Mawardi.

Dia menambahkan, peserta PPL FTK UIN Ar-Raniry akan ditempatkan pada sekolah-sekolah, mulai dari MI, Mts/SMP, MA/SMA yang ada di wilayah Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar, “mereka akan melaksanakan PPL kurang dari dua bulan (13 Oktober hingga 11 Desember 2014)”.

Sementara Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Dr. Syabuddin Gade, M.Ag, mengatakan, PPL ini sangat penting dilaksanakan oleh setiap mahasiswa FTK, “Melalui PPL mahasiswa akan mendapatkan pengalaman langsung bagaimana berhadapan dengan siswa di sekolah”.

Syahbuddin mengharapkan kepada semua mahasiswa praktikan untuk mengikuti aturan main yang ada di sekolah mitra sekaligus mengikuti arahan dan bimbingan dari guru pamong.

“Kepada pihak sekolah mitra UIN Ar-aniry juga diharapkan dapat  membimbing mahasiswa PPL, baik secara keilmuan maupun spiritual, agar lulusan UIN Aceh nanti menjadi sarjana yang mampu dan dapat mengembangkan ilmunya demi kemajuan Aceh di masa mendatang”, tegas Syabuddin

25 Mahasiswa PPL ini ditempatkan di MTs dan MA Darul Aman dimana 13 Orang di Madrasah Aliyah dan 12 orang di Tingkat Tsanawiyah Khusus untuk Para mahasiswa yang melakukan PPL di Madrasah Darul Aman ini berasal dari beberapa Jurusan/ Prodi dengan Rincian 3 orang dengan Pelajaran Bahasa Arab, 1 Orang Jurusan Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi

Kegiatan Penyambutan PPL dihadiri Langsung oleh Kepala MAS Darul Aman, Drs, Abdul Karim M.Pd yang berlansung di Ruang Serba Guna MAS Darul Aman, IMG_0743Setelah Penyambutan Mahasiswa PPL ini diberikan arahan oleh Koordinator PPL MAS Darul Aman, Asnawi S.Pd yang diwakili Oleh Muhammad Yani S.Pd. berhubung Koordinator PPL sedang mengikuti Pelatihan DDTK Kurikulum 2013  di MAN Darussalam. (FL)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s